LINGKARNEWS.COM – Beredar sebuah unggahan video di media sosial X/Twitter dengan narasi yang menyebutkan kondisi kesehatan calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Dia disebut mengalami sakit-sakitan serta klaim rakyat yang tidak akan mendukung presiden tua.

Video tersebut juga menampilkan Prabowo Subianto menggunakan kemeja berwarna putih dengan celana hitam berdiri memegang microphone dalam suatu kegiatan acara.

Faktanya, berdasarkan hasil penelusuran, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah melakukan tes kesehatan pada 26 Oktober 2023.

Tes kesehatan dilakukan oleh tim kedokteran yang ditunjuk Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca artikel lainnya di sini : Soal Presiden Boleh Berkampanye dan Memihak, Ketua KPU Hasyim Asyari Tanggapi Pernyataan Jokowi

Hasil dari pemeriksaan tersebut dinyatakan Prabowo Subianto beserta capres dan calon wakil presiden (cawapres) lainnya telah memenuhi syarat.

Untuk mengikuti Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

Oleh karena itu, unggahan video yang menyebutkan Prabowo Subianto sakit-sakitan adalah tidak benar.

Lihat juga konten video, di sini: Sungai Ulu Wolo Meluap dan Tanggul Jebol Akibatkan Banjir di Kabupaten Kolaka, 1.263 Rumah Terendam

Dikutip dari laman resmi Kominfo.go.id, informasi termasuk kategori hoaks

Artikel ini juga sudah dìterbitkan di portal berita Cekfaktanya.com***

Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.