Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPUD Jeneponto Gelar Sosialisasi Dengan Insan Pers

LINGKARTURATEA.COM, JENEPONTO – Komisi Pemilihan Umum Daerah( KPUD ) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan Menggelar sosialisasi dengan tema peran komunikasi sosial dan media massa untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam demokrasi.

Kegiatan sosialisasi yang digelar di Gedung Sipitangarri kota Bontosunggu Rabu, 7 Februari 2018 ini melibatkan ketua pengurus partai politik, PPK dan utusan para pelajar SMA sederajat serta para insan pers yang di Jeneponto.

Ketua KPU Jeneponto Muh. Alwi, S.Ag, mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu menjalin kerja sama antara media dan KPU dalam menyampaikan setiap kegiatan.
“ Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu agenda KPUD Jeneponto dalam bentuk wujud partisipasi dari pemilih, sehingga KPU mengundang unsur Media cetak, online dan elektronik”, jelas Muh Alwi.

Para ketua partai politik, awak serta beberapa undangan antusias mengikuti kegiatan sosialisasi KPUD Jeneponto

Sementara itu, Samsuddin, S.Pd, Divisi Sumber Daya Manusia ( SDM ) dan Perlindungan Masyarakat (Parmas ) KPUD Jeneponto menuturkan bahwa tingkat partisipasi pemilih di Jeneponto pada Pilpres tahun 2014 lalu menurun sekitar 60 persen. Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban KPUD Jeneponto dalam rangka peningkatan kembali partisipasi pemilih sehingga kegiatan sosialisasi ini banyak melibatkan unsur terkait termasuk media baik media cetak, online, dan elektronik, tutur Syamsuddin.

Di tempat yang sama. Dr.M.Iqbal Sultan, M.Si, ketua departeman ilmu komunikasi FISIP UNHAS selaku pemateri dalam sosialisasi tersebut mengatakan bahwa tahun ini adalah tahun politik yang berarti ada pesta demokrasi dan pertarungan yang akan dihelat. Sehingga salah satu instrumen untuk meningkatkan partisipasi pemilih adalah melakukan sosialisasi kemasyarakat termasuk sosialisasi dalam pemanfaatan publikasi media massa. Bukan hanya itu, peran aktor politik dan pasangan calon baik calon gubernur maupun calon bupati harus punya pencitraan yang dapat membuat masyarakat tertarik untuk memilihnya. Dan media massa merupakan salah satu instrumen ampuh untuk melakukan pencitraan, publikasi media massa diibaratkan seperti katrol, ” kata M.Iqbal.

Penulis: Zulpadli
Editor: 45W1N