Senin Depan, Bupati Takalar Akan Diperiksa di Kejati Sulsel

LINGKARTURATEA.COM,TAKALAR –Setelah KejaksaanTinggi Sulsel kembali memenangkan  gugatan  praperadilan yang diajukan oleh bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin.

Kejati Sulsel mempercepat panggil untuk melakukan pemeriksaan terhadap Burhanuddin Baharuddin yang saat ini statusnya sebagai tersangka kasus penjualan Lahan Transmigrasi Lalang Desa Laikang kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Sebelumnya kejaksaan Tinggi Sulsel telah menetapkan  tiga orang tersangka Masing-Masing M.Noor Utara, Sekdes Risno dan Kepala Desa Laikang Sila Laidi dan saat ini ketiga orang tersebut sudah dituntut oleh penyidik kejati Sulsel.

Hal tersebut disampaikan oleh Hakim tunggal Pontoh, SH. MH, dalam sidang pembacaan putusan atas gugatan Praperadilan yang berlangsung pada hari  Selasa (31/10) Lalu, di Pengadilan Negeri Makassar.

Sebab dalam putusan, Hakim pengadilan Negeri Makassar  menyatakan penyidikan yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan telah sah dan sesuai dengan prosedur yang ditentukan dalam KUHAP “jelasnya.

Oleh karena itu, kasus ini secepatnya kita proses, karena gugatan praperadilan Bupati Takalar ditolak langsung, kita jadwalkan proses pemeriksaannya yakni hari senin, 6 Nopember 2017,” Jelas Kejati sulsel Dr. Jan S Maringan didampingi kapuspenkum Salahuddin.

Sementara Kapuspenkum Salahuddin mengatakan, pihak penyidik Kejati Sulsel sudah melayangkan surat pemeriksaan kepada Bupati untuk di periksa Sebagai tersangka, namun sudah tiga kali Mangkir.

Soal penahanan terhadap Bupati Takalar Dr. H. Burhanuddin Baharuddin itu tergantung dari pihak penyidik.

“kita lihat nanti apakah ditahan atau tidak.”Tandasnya.

( Din)