Satu Truk Bawa Puluhan Kubik Kayu Tanpa Dokumen di Mapolsek Batang

LINGKARTURATEA.COM, JENEPONTO – Sebanyak 15 kubik kayu olahan yang berasal dari Kolaka, Sulawesi Tenggara diamankan unit reaksi cepat Polisi Kehutanan wilayah propinsi Sulawesi Selatan. Kejadian ini berawal ketika mobil yang mengangkut 15 kubik kayu olahan tersebut tiba di tempat pengolahan kayu di desa Bungeng. Tidak berlangsung lama, unit reaksi cepat polisi kehutanan tiba juga di lokasi.

Kanit Reskrim Polsek Batang, Aiptu Paulus mengatakan bahwa,” sopir yang membawa kayu olahan tersebut dibawa dan diamankan ke kantor Polsek Batang kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto.

Dari kejadian ini pihak Unit Reaksi Cepat Polisi Kehutanan bersama Kepolisian Sektor Batang mengamankan barang bukti berupa 1 unit mobil Truk Mitsubishi Fuso warna orange, DW 9561 AA kurang lebih 15 Kubik kayu.

Pemeriksaan sementara yang dilakukan penyidik pegawai negeri sipil(PPNS) dari dinas kehutanan propinsi Sulawesi Selatan, kayu tersebut berasal dari wilayah Kabupaten Kolaka Propinsi Sulawesi Tenggara. Guna proses lebih lanjut, pelaku beserta barang bukti dititip dan diamankan di Mapolsek Batang dan dalam proses penyidikan dan pengembangan. “ujarnya”.

Barang bukti baik berupa kayu olahan dan Mobil serta sopirnya hanya dititip di Mapolsek Batang. Penyidik PNS dari kehutanan yang menyidik dan perbuatanterduga pelaku diancam dengan pasal 78 jo pasal 50 ayat (3) huruf h Undang-Undang RI Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. ” kuncinya”.

(AWI)