Panwaslu Jeneponto: SulSel Ranking 2 Nasional Untuk Pelanggar ASN

LINGKARTURATEA.COM, JENEPONTO,-Panwascam Kecamatan Binamu melaksanakan rapat koordinasi pengawasan dan tindak lanjut pengawasan pemilhan Gubernur, Bupati, Walikota, di Warkop Mayura, Kelurahan Empoang, Binamu, Jeneponto pada Rabu (13/3/2018).

Hadir dalam rapat koordinasi Panitia Pengawas Kecamatan Binamu (Panwascam) yakni Ketua Panwaslu Kabupaten Jeneponto, Saiful, SH selaku pemateri rakor, Pimpinan Panwascam Kecamatan Binamu, yaitu Agus Paledengi, Agus Tompo, dan Syarifuddin. Selain itu, hadir pula semua Panwaslu Kelurahan dan Desa se Kecamatan Binamu (PPL), serta seluruh staf Panwascam Binamu.

Dalam arahannya, Ketua Panwaslu Jeneponto, Saiful mengatakan bahwa beberapa tahapan pengawasan sudah kita lalui dan alhamdulillah tidak ada masalah.

“Berkat kerja teman-teman semua selaku ujung tombak yang tak henti-hentinya tanpa mengenal waktu menyumbangkan pikiran dan tenaga sehingga semuanya berjalan lancar. Terima kasih kawan-kawan semua terkait pengawasan tahapan tersebut”,
“kata Saiful.

Lanjut Saiful, mengatakan bahwa melalui Kemendagri dan Kementerian terkait, Sulawesi Selatan berada diranking 2 Nasional untuk pelanggaran ASN terbanyak. Ini menimbulkan pertanyaan bagi kita semua.

“Masalah perlu kita sikapi bersama. Apakah kesadaran ASN untuk netral dalam setiap pilkada sangat susah untuk dirubah. Karena itu, kami butuh kerja keras bapak/ibu sekalian. Karena ini sudah berlangsung lama. Keterlibatan ASN dalam setiap pesta demokrasi seperti pilkada masih menjadi polemik yang harus disikapi secara proposional, professional dan akuntabel”, “ujarnya.

Tambahnya, jika dibandingkan dengan Negara lain seperti thailand dan philipina, ASN nya itu professional, tidak berurusan dengan politik. Sebab itu, intensitas sikap preventif (pencegahan) harus terus.

“Amanah PP nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah sangat jelas larangang bagi ASN seperti terlibat dalam kampanye. Artinya, tidak boleh ikut serta yaitu menjadi pelaksana kampanye, petugas kampanye, tim sukses, penyandang dana dan lain-lain”, “tegasnya.

Penulis : Awal
Editor : Aswin