Melalui Bursa Inovasi Desa, Jeneponto Harus Bangkit

LINGKARTURATEA.COM, JENEPONTO – Melalui Program Inovasi desa Kabupaten Jeneponto harus bangkit atau maju dan mampu bersaing dengan daerah lainnya.

Karena bursa Inovasi desa Mendorong optimalisasi pembangunan desa melalui dana desa dari Kementerian Desa PDTT meluncurkan Program Inovasi Desa (PID).

Ketua panitia Bursa Desa Kabupaten Jeneponto, mengatakan membangun republik Indonesia ini harus diawali dari desa.

“Membangun Republik ini harus diawali dari desa, makanya melalui program bursa inovasi desa ini diharapkan seluruh desa mampu mengelola keuangan desa demi kemajuan desa” Jelas Supardi AS Mallarangang

Sementara itu, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar mengatakan, Jeneponto tak pantas jadi daerah miskin karena Jeneponto memiliki Sumber daya Alam yang dapat direkayasa. Dengan melalui program bursa inovasi desa di tahun 2018 nanti Jeneponto harus keluar dari status tertinggal.

” ayo mulai kita menyadari bahwa daerah kita kaya akan sumber daya alam yang dapat direkayasa, dilangit ada angin yang dapat direkayasa jadi pembangkit listrik, di daratan ada jagung kuning dan lainnya, di laut ada garam dan sumber minyak” Jelas Bupati Jeneponto Iksan Iskandar .

Melalui Program bursa inovasi desa agar desa mampu mengelola dana desa untuk menciptakan kesejahteraannya serta peningkatan kualitas SDM. PID bakal mendorong peningkatan kapasitas produksi warga pedesaan dalam jangka pendek maupun panjang.

Peningkatan SDM bukan hanya diukur dari peningkatan pendapatan saja melainkan juga mendorong terjadinya pengurangan beban biaya. Peningkatan kualitas SDM juga bakal mendorong warga desa lebih aktif melalui bursa inovasi desa ini.

Hal yang paling mendasar dari PID adalah pendampingan PID bakal membawa berbagai inovasi atau kebaruan dalam praktik pembangunan dan mendorong penguasaan pengetahuan pada warga desa untuk mendukung percepatan ekonomi. PID diharapkan bisa mendorong desa menjadi kreatif dan inovatif sehingga bisa mendorong ekonomi lokal yang mampu bersaing secara nasional.

( NAI )