Nasional

Kopi Bontolojong Rumbia Ikut Festival Kopi Tingkat Nasional di Jakarta

LINGKARTURATEA.COM,JENEPONTO – Kopi Bontolojong Turatea yang dikenal dengan cita rasa madu bakal akan mengikuti festival Industri kreatif Kopi Indonesia tingkat Nasional 2017 di Jakarta.

Kopi asal desa Ujung Bulu kecamatan Rumbia Jeneponto Sulawesi Selatan ini diyakini bakal bisa bersaing dengan beberapa jenis kopi dari berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Rencananya festival industri kreatif kopi Indonesia 2017 ini akan digelar mulai 30 September hingga 8 Oktober 2017 ini.

Festival kopi tersebut akan diikuti oleh beberapa peserta dari berbagai Daerah, termasuk Jeneponto yang diwakili oleh dua orang anggota Kelompok Tani Kopi Bontolojong asal Ujung Bulu Kecamatan Rumbia.

Kedua peserta asal desa Ujung Bulu kecamatan Rumbia ini bernama, Adam Idris dan Nur Amri. Dan rencananya hari sabtu 30 September 2017 ini akan berangkat ke Jakarta.

Kepala desa Ujung Bulu Mansyur Mengatakan, Jauh hari sebelum diberangkatkan kedua anggota kelompok tani asal Ujung Bulu ini dibekali dengan ilmu tentang tata cara bertani kopi sehingga bisa melahirkan aroma khas kopi cita rasa Madu yang tak mungkin dimiliki oleh daerah lain. Selain itu, kedua peserta ini juga dibekali ilmu meracik kopi.

Menurut Mansyur yang terpenting dalam festival kopi nantinya yang harus diperhatikan adalah kualitas kopi yang akan dibawa ke ajang festival.Mansyur Meyakini Kopi Bontolojong Turatea asal Ujung Bulu yang dikenal dengan cita rasa madunya itu akan menasional dan semakin didambakan bagi penikmat kopi.

” Jadi kopi Bontolojong Turatea ini akan mewakili Jeneponto diajang festival Industri kreatif kopi Indonesia, dan saya yakin dengan cita rasa madu yang dimiliki kopi asal Ujung Bulu ini akan menjadi perhatian di Ajang tersebut, karena kopi cita rasa madu ini hanya ada di Rumbia”. Jelas Mansyur.

Diketahui Desa Ujung Bulu adalah salah satu desa penghasil kopi terbesar di Jeneponto, dengan luas lahan kopi mencapai kurang lebih 180 hektar dan menghasilkan 1 ton kopi perhektarnya.

( Iman )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close