Ketua Pokja Dianggap Menyalahi Asas Pemilu, Pengunjuk Rasa Minta Bawaslu RI Segera Evaluasi Kinerja Pokja Jeneponto

LINGKARTURATEA.COM, JENEPONTO – Empat orang pendaftar yang tidak lolos tes tertulis Panwascam Jeneponto yang digelar di kampus YAPTI Jeneponto, 27 September 2017 lalu, melakukan aksi unjuk rasa di Sekretariat Panwaslu Kabupaten Jeneponto, di jalan Ishak Iskandar Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Rabu,4 Oktober 2017.

Pengunjuk rasa tersebut melakukan aksi protes terhadap kinerja Ketua Pokja Pembentukan Panwascam Jeneponto yang diduga tidak transparansi dalam perekrutan Panwascam dan dinilai sarat nepotisme, khususnya pengumuman hasil tes tertulis Panwas Kecamatan Bontoramba.

“Dengan menjunjung tinggi Asas Praduga tak bersalah dan Un asas-asas penyelengaraan pemilu dalam proses demokrasi,dalam proses rekrutmen panwas Kecamatan, sepertinya banyak hal yang kiranya Panwas Kabupaten abaikan, terkhusus kepada Ketua Pokja pembentukan Panwas Kecamatan,” Jelas Dayat koordinator aksi.

“Kenapa kami sampaikan demikian karena Ketua Poja dalam hal ini Saudara Sampara Halik, sepertinya cenderung mengarah pada munculnya sebuah perlaku Nepotisme dalam pengumuman hasil tes tertulis Panwas Kecamata di Kabupatan Jeneponto,” tegas Dayat.

Ketua Pokja Sampara Halik, dianggap tidak memenuhi asas keterbukaan sesuai amanah asas-asas Penyelengaraan Pemilu dengan tidak mengumumkan skor atau nilai atas hasil tes tertutis yang dilaksanakan pada tanggal 27 September 2017 tersebut.

“Kami berharap Sampara Halik sebagai Katua Pokja pembentukan Panwas Kecamatan Kabupaten Jeneponto agar kiranya dapat menyampaikan dikhalayak umum dan dimedia terkait skor nilai hasil tes tertulis,” harapnya

Atas dugaan tersebut, empat orang pengunjuk rasa itu, Meminta kepada Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi agar segera mungkin mengevaluasi Kinerja ketua Pokja Pembentukan Panwas Kecamatan di Jeneponto.

“Kami mendesak Bawaslu provinsi dan RI untuk mencopot saudara Sampara Halik dari jabatannya,karena patut diduga telah melakukan keberpihakan dan meminta kepada Panwas Kabupaten Jeneponto untuk Membuka skor hasil tes tertulis dihadapan umum dan dimedia,” imbuhnya

Aksi tersebut digelar disaat berlangsungnya tes wawancara yang dilakukan Pokja Pembentukan Panwas Kecamatan, terhadap calon Panwascam Kecamatan Bangkala Barat,Bangkala,Tamalatea dan Kecamatan Bontoramba.

( Lewa )