Ketua Fraksi Gerindra DPRD Pertanyakan CSR Perusahaan yang Ada di Jeneponto

LINGKARTURATEA.COM, JENEPONTO,-Ketua Fraksi Gerindra sekaligus anggota Komisi B DPRD Kabupaten Jeneponto Andi Baso Sugiarto mempertanyakan kemana dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap(PLTU), Perusahaan Tambak Modern dan beberapa pusat perbelanjaan serta perusahaan perbankan di Jeneponto, yang kini tidak jelas kemana sasaran dana CSRnya.

“Kita tahu bahwa, dana CSR merupakan dana tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat, dan lingkungan sekitar tempat perusahaan tersebut berdiri. Tapi sekarang ini apakah sudah dilaksanakan atau bagaimana,” ujarnya kepada lingkarturatea.com, Senin (26/3/2018).

Politisi Partai Gerindra tersebut menyatakan, dalam waktu dekat Komisi B DPRD Jeneponto, akan melakukan sidak ke setiap perusahaan yang ada di Jeneponto.

“Kami ingin mengecek bagaimana penggunaan dana CSR di perusahaan-perusahaan yang ada di Jeneponto,” ucapnya.

Sebab kata anggota DPRD dapil dua itu, sejak tahun 2014 menjabat sebagai anggota dewan di Jeneponto, belum pernah pemerintah kabupaten memberikan dan melaporkan kegiatan dari penggunaan dana CSR tersebut. Perlu transparansi besaran dana CSR yang harus dikeluarkan perusahaan.m

“Kita minta perusahan PLTU dan perusahaan lain, harus transparan dalam menggunakan dana CSR, dan komitmen untuk membangun Jeneponto. Jadi tidak hanya sekedar numpang berinvestasi di Bumi Turatea saja, tapi harus memberikan manfaat besar di masyarakat sekitar, seperti membangun jalan, listrik, air bersih, dan bantuan di dunia pendidikan serta kesehatan,” ungkapnya.

Penulis: Awal Adrian
Editir: Aswin