Hujan Lebat, Satu Rumah Warga Ambruk Akibat Longsor

LINGKARTURATEA.com, Jeneponto,-Sebuah rumah sederhana milik Santa (40 thn), warga Dusun Butta Le’leng Desa Datara Kecamatan Bontoramba, Jeneponto, SulSel, ambruk setelah pondasi rumahnya longsor akibat hujan deras yang mengguyur sejak Rabu pagi hingga Kamis dini hari(15/2/2018).

Menurut Santa, kejadian berawal ketika hujan deras yang mengguyur desanya, tiba-tiba tanah longsor dan rumahnya ambruk. Beruntung, istri dan anaknya selamat dari reruntuhan rumah karena berhamburan keluar rumah.
” Pondasi rumah saya dengan cepat longsor dan menyusul ambruknya bangunan rumah dalam waktu sepuluh menit saja, kejadiannya begitu cepat,” ujar Santa, Kamis (15/2/2018).

Sementara itu, Rahim, salah seorang warga yang melihat kejadian itu kepada lingkarturatea.com menuturkan bahwa saat itu hujan lebat terus menerus sehingga volume air yang mengalir cukup deras menggerus tanah pada bagian bawah pondasi rumah akibatnya pondasi rumah ambruk. Hampir semua perabotan di dalam rumah rusak akibat jatuh dan tertimpa reruntuhan bangunan. Memang rumah Santa tepat berada di posisi ketinggian dengan struktur tanah yang miring memang rawan terjadi longsoran,” tuturnya.

Beruntung akibat longsor ini tak menimbulkan korban jiwa karena pemilik langsung berhamburan keluar rumah, namun kerugian ditaksir puluhan juta rupiah.

Saat ini Santa dan keluarganya sementara mengungsi di rumah keluarga terdekat di Butta le’leng Desa Datara. Santa berharap pemerintah tanggap dan memberi bantuan untuk memperbaiki rumahnya.

Penulis: Ilyas Bt.ramba
Editor: 45W1N