Nasional

Film G30S/PKI Karya Seni yang Edukatif

LINGKARTURATEA.COM, TAKALAR – Ketua Komando pejuang Merah Putih ( KPMP Takalar ) yg jg pengurus IKAL Lemhanas RI SulSel Hasri Haris memprakarsai acara nonton bareng film G 30 S PKI yg disutradarai oleh Arifin C Noor di Baruga Karaeng Bainea yang berada pas depan Rujab Bupati Takalar.

Hasri Haris yg akrab di sapa Dg Nyampo mengatakan, bahwa film G 30 S /PKI merupakan sebuah karya seni yang walaupun tidak menggambarkan keadaan yang persis terjadi dengan kondisi masa lalu. Menurutnya, Film tersebut bukan Dokumenter melainkan karya seni yang ada nilai – nilai pelajaran kepada bagi yang menonton film tersebut.

“Memang film itu adalah sebuah karya seni jadi kita tidak bisa berharap bahwa film itu menggambarkan keadaan yang persis terjadi, Sebab, ini film karya seni bukan Dokumenter, Nah jadi sebagai film karya seni, kita harus mendudukan posisi film ini tapi di dalam penanyangan film itu sendiri suatu nilai nilai pelajaran kepada mereka yang menonton untuk melihat sesuatu yang terjadi di masa yang lalu,” ujar Hasri Haris Dg Nyampo.

Dikatakannya “waktu reformasi bergulir 1998 merupakan salah seorang pembaca deklarasi urif sumoharjo Makassar dibeberapa media nasional seperti TVRI, RRI,TPI & RCTI dimana waktu itu kebebasan media masih dibungkam.yang bacakan adalah saya”ujarnya.

Sebelum nonton bareng film G30S/PKI yang  dilaksanakan pada hari sabtu pukul 20.00 WITA sebentar malam Hasri Haris  mengatakan kita harus adil kepada sejarah walau pun kita tidak suka pada pelaku sejarah itu,menumpas G30S/PKI adalah kontribusi terbesar Soeharto kepada Republik ini, tidak ada tempat buat komunis di bumi Indonesia tercinta ini” katanya.

(Din)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker