Cegah Money Politik Dan SARA, Panwaslu Jeneponto Deklarasi Bersama Paslon

LINGKARTURATEA.COM, JENEPONTO,-Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Jeneponto menggelar deklarasi bertajuk Tolak dan Lawan Politik Uang serta Politisasi Sara dalam Pilkada Kabupaten Jeneponto, di Gedung Sipitangarri, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Jeneponto, Rabu Siang (14/2/2018).

Deklarasi bersama yang digelar Panwaslu Kabupaten Jeneponto ini dihadiri empat pasangan calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto yang mengikuti dan bertarung pada pilkada serentak tahun 2018 ini.

Ke 4 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang hadir antara lain, pasangan calon Mulyadi Mustamu – Muh. Kasmin Makkamula (Mukmin Bisa), Muhammad Sarif – Andi Tahalfasni (Syafaat), Iksan Iskandar – Paris Yasir (Siap), Andi Baharuddin Baso Jaya – Isnaad Ibrahim (Barani Uranta).

Dalam sambutannya, Ketua Panwaslu Kabupaten Jeneponto, Saiful, SH, mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia. Proses pilkada sedang berlangsung sehingga proses meraih empati dan dukungan masyarakat kian gencar dilakukan tim sukses Paslon. Kita tidak ingin pesta demokrasi di daerah ini tercederai dengan politik uang, kata Saiful, SH.

“Kita semua harus bersepakat menolak politik uang dan politik Sara dalam proses pilkada di Kabupaten Jeneponto. Potensi terjadinya pelanggaran sangat dimungkinkan dapat terjadi. Politik uang atau Money Politic sangat merusak tatanan demokrasi. Praktek membeli suara rakyat itu cara yang tidak benar,” “tegas Saiful.

Sementara itu, Kapolres AKBP Hery Susanto, S.I.K mengharapkan Pilkada di Kabupaten Jeneponto dapat berjalan tertib, aman, dan damai. Isu politik uang dan politisasi sara dapat berdampak terjadinya gesekan di lapangan. Jangan memprovokatif informasi yang tidak benar, namun jika terjadi hal-hal seperti itu agar melaporkan ke pihak panwaslu, ” harap Kapolres Jeneponto.

Hal yang sama disampaikan Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Arh Sugiri, menurutnya bahwa Ada slogan mari kita maju tanpa menyingkirkan orang lain, naiklah tinggi tanpa menjatuhkan orang lain, bertarunglah sportif tapi dengan cara yang sportif,” harap Dandim Letkol Arh Sugiri.

Hadir dalam acara deklarasi ini, diantaranya Pimpinan Panwaslu Jeneponto, Komisioner KPU Jeneponto, unsur Muspida, Pimpinan DPRD, Ketua Parpol pengusung paslon, Camat, Lurah, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Pers.

Penulis : Zulpadli
Editor : Aswin