941 ASN Ikuti Ujian Penyesuaian Ijazah dan Ujian Dinas

LINGKARTURATEA.com, Jeneponto,-Sebanyak 941 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti ujian penyesuaian ijazah dan ujian dinas tingkat I dan tingkat II yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jeneponto di gedung Sipitangarri Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu, Jeneponto, Sulsel, Senin (19/2/18).

Kegiatan ujian tertulis bagi Aparatur Sipil Negara(ASN) yang diselenggarakan BKPSDM Jeneponto ini bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional Regional IV Makassar. Adapun rincian peserta ujian dari Kabupaten Jeneponto sebanyak 376 orang dan peserta ujian yang berasal dari luar Kabupaten Jeneponto sebanyak 565 orang.

Acara dibuka oleh Plt. Sekda Jeneponto dr.Syafruddin Nurdin, M.Kes, yang juga sekaligus Pelaksana Harian Bupati Jeneponto. Turut hadir dalam kegiatan ujian ASN ini yakni Kepala Seksi Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kantor Regional IV BKN Makassar Hj. Asa, S.Sos, Kepala Inspektorat Jeneponto, Yusuf Pakihi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Elly Esriyani, Kabag Humas dan Protokol Syarifuddin Lagu, Sekretaris BKPSDM Bakri Arsyad, Kasub Diklat Penjenjangan dan Sertifikasi BKPSDM Hj. Nurna Ningsih Pratama, MP,S.STP, MM, dan Kasubid Pengembangan Komptensi BKPSDM Ibrahim, SPd, MPd.

Plt Sekda Jeneponto sekaligus Pelaksana Harian Bupati Jeneponto, Dr. Syafruddin Nurdin, M.Kes, saat memberikan sambutan di hadapan ratusan ASN yang akan mengikuti ujian.

Dalam sambutannya, DR. Syafruddin Nurdin, M.Kes, mengatakan bahwa peningkatan kompetensi teknis ASN ke strata pendidikan yang lebih tinggi menjadi salah satu syarat penyesuaian pangkat/golongannya. Ini sesuai dengan peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 33 tahun 2011 tentang kenaikan pangkat bagi PNS yang memperoleh ijazah, “kata Syafruddin Nurdin.

Oleh karenanya, kata Syafruddin Nurdin, berharap agar semua peserta ujian dinas dan ujian penyesuaian ijazah bisa terus meningkatkan kompetensi dan pendidikannya guna mendorong perbaikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih efisien dan efektif, “harapnya.

Sementara Kepala BKPSDM Jeneponto Muh Arifin Nur dalam sambutannya menegaskan, bahwa pegawai hanya dapat diproses kenaikan pangkatnya jika telah mencapai pangkat dasar dan sudah memenuhi syarat administrasi serta berdasarkan regulasi yang berlaku, “tegasnya.

Arifin Nur menambahkan agar setelah ujian ini, kinerjanya ASN mampu ditingkatkan sehingga apa yang diamanatkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN seperti juga yang tertuang dalam PP Nomor 11 tahun 2017 bahwa ASN itu harus mempunyai kompetensi teknis, manajerial dan sosial kultural.

“ Kegiatan Ujian hari ini adalah upaya kita melakukan regenerasi dan peningkatan kapasitas SDM pegawai ASN. Seorang ASN harus punya integritas dan moralitas sehingga dapat terbebas dari sentuhan perilaku korupsi dan narkoba”, ” kuncinya.

 

Penulis: Salahuddin Al-Ayyubi
Editor: 45WIN